Kamis, 21 Mei 2009

Printer Dot-Matrix

Printer Dot-Matrix

Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

Fungsi printer

Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

Dot matrix printer

Dot matrix printer atau dampak matrix printer adalah jenis printer komputer dengan kepala cetak yang berjalan bolak-balik, atau dalam sebuah gerakan ke atas dan ke bawah, di halaman dan mencetak oleh dampak, mengesankan sebuah tinta bacak kain pita terhadap karya , banyak seperti mesin ketik. Tidak seperti mesin ketik atau daisy wheel printer, huruf yang diambil dari sebuah titik matriks, dan dengan itu, berbagai font dan sewenang-wenang grafis dapat dihasilkan. Karena melibatkan pencetakan mekanis tekanan, printer ini dapat membuat salinan karbon dan carbonless copy.

Setiap titik yang dihasilkan oleh batang logam kecil, yang disebut "wire" atau "pin", yang digerakkan maju oleh kuasa yang kecil electromagnet atau solenoid, baik secara langsung atau melalui levers kecil (pawls). Menghadapi pita dan kertas kecil adalah panduan plate (seringkali yang terbuat dari sebuah batu seperti sapphire atau ruby [1]) tindik dengan lubang untuk dijadikan sebagai panduan untuk pin. Yang bergerak dari printer disebut cetak kepala, dan saat menjalankan printer sebagai generik teks umumnya perangkat cetak satu baris teks pada satu waktu. Sebagian besar printer dot matrix ada satu garis vertikal dari titik-peralatan membuat mereka mencetak kepala; lain interleaved ada beberapa baris dalam rangka untuk memperbaiki kepadatan titik.

Mesin ini bisa sangat lama. Ketika mereka melakukan mengausi, secara umum karena tinta invading panduan plat cetak dari kepala, sehingga keberanian untuk mematuhi it; gesekkan perlahan ini akan menyebabkan saluran dalam panduan memakai plat dari kalangan oval atau ke dalam slot, dan kurang memberikan kurang akurat petunjuk untuk pencetakan kawat. Pada akhirnya, bahkan dengan pencahayaan tungsten blok dan titanium pawls, pencetakan menjadi terlalu jelas untuk dibaca.

Meskipun hampir semua inkjet, panas, dan laser printer dot memproduksi matrices, dalam bahasa umum ini jarang disebut "dot matrix" printer, untuk menghindari ke

DOT MATRIX PRINTER

Arti istilah Dot Matrix dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :

Matriks Titik. Suatu teknologi pencetakan yang menggunakan titik sebagai pembentuk citra.

Printer jenis ini tergolong jenis printer yang mencetak ke kertas dengan cara "langsung". Artinya, head printer langsung "mengetuk" pita tinta yang berhadapan sama kertas. Keuntungannya, cara kerja dot matrix yang mirip mesin tik ini bisa diaplikasiin juga buat pencetakan beberapa kertas sekaligus, dengan kertas karbon yang diselipkan di tiap halaman kertas.

Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.

Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second.

Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.

Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.

Printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

FUNGSI DOT MATRIX

Dampak teknologi dot matrix tetap digunakan di perangkat seperti cash register, ATM,Thermal pencetakan adalah bertahap supplanting mereka dalam aplikasi ini.. Ukuran penuh dot-matrix printer dampak masih digunakan untuk mencetak multi-bagian alat tulis, misalnya di bank tellers, dan aplikasi lain di mana penggunaan traktor kertas pakan yang diinginkan seperti data logging dan penerbangan.. Dot matrix printer juga lebih toleran dari panas dan kotor operasi kondisi ditemukan di banyak industri pengaturan. Yang sederhana dan daya tahan yang memungkinkan pengguna desain yang tidak "terpelajar komputer" untuk dengan mudah melakukan tugas-tugas rutin seperti mengubah kendali dan memperbaiki karya jams. dan banyak lainnya point-of-terminal penjualan. Bahkan ada pula yang cocok dengan USB interface standar sebagai bantuan untuk sambungan ke modern warisan bebas komputer

Bagaimana Cara Kerja Printer Dot Matrix?

Bagaimana Cara Kerja Printer Dot Matrix?
Dot Matrix mengacu pada cara printer menciptakan karakter atau gambaran di atas kertas. Ini dilaksanakan oleh beberapa jarum/pin kecil, yang dibariskan dalam suatu kolom, membentur suatu pita tinta memposisikan antara pin dan kertas, menciptakan titik pada kertas itu. Karakter disusun atas pola itik dengan menggerakkan printhead secara menyamping ke seberang halaman dalam kenaikan yang sangat kecil.
Pin/jarum, terdapat di printhead tersebut, dengan panjang sekitar satu inci dan dikemudikan oleh beberapa pendorong memaksa masing-masing pin menitik/menjepit pita tinta dan menutupi kertas pada suatu waktu tertentu. Kekuatan pada pendorong ini datang dari tarikan yang magnetis dari gelang kawat kecil ( solenoid ) yang diberi tenaga pada situasi tertentu, tergantung pada karakter yang akan dicetak. Pemilihan waktu isyarat mengirim kepada solenoid diprogramkan ke dalam printer untuk masing-masing karakter, dan menterjemahkan dari informasi yang dikirim oleh computer karakter yang mana untuk dicetak.

Keuntungan yang utama printer dot matrix adalah serbaguna, yang mampu mencetak surat laser. Akhirnya, Printer dot matrix digunakan ketika kertas digunakan untuk format cetakan tembusan, dan lain lain. Proprinter mempunyai sembilan jarum/pin. dalam huruf miring atau tebal dengan hanya mengubah cara menitik yang diatur diatas kertas. Apalagi, printer dot matrix relative murah dibnadingkan dengan yang lain seperti printer

1 Komentar:

Blogger Irma Suriani Sibuea mengatakan...

Thanks buat Infonya yang sangat menarik Mr Hero. Saya masih sangat penasaran dengan printer dot matrix ini, soalnya pada saat saya mau ngeprint form ada kendala output nih.
Sebelum saya memperint form, saya preview duluan, semua garis dalam form lengkap. Begitu saya print dengan printer dot matrix berkali2, garisnya hilang bergantian. Kira-kira itu termasuk ga sebagai akibat resolusi printer yang lemah? terus apa ya kira-kira solusi untuk hal tersebut?
Terimakasih,

Salam, Irma

10 Januari 2012 pukul 04.44  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda